Kriteria Tour Guide Berkualitas

   
Tips Wisata dan Jalan Jalan
Sudah Dilihat Oleh : 2412 Pengunjung

Tanda-Tanda Travel Guide Berkualitas
Image by : Fotosearch
Menjadi pemandu perjalanan atau travel guide rupanya tidak mudah, terutama di Singapura. Selain kemampuan berkomunikasi, seorang travel guide di sana perlu kemampuan ekstra serta dedikasi.

Banyak hal bisa membuat perjalanan Anda menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan, salah satunya karena travel guide yang tidak kompeten. Sialnya, ada banyak travel guide yang, meski tidak memiliki kompetensi, berani beroperasi secara mandiri. Dan ketika Anda terjebak bersamanya, tak banyak yang bisa dilakukan. Ini berbeda dengan di Singapura.

Wong Siu Huang (biasa dipanggil Fern) telah bekerja lepas sebagai pemandu travel di Singapura selama 18 tahun. Beragam jenis tamu untuk beragam jenis agenda perjalanan telah ditanganinya. Ketika saya berkunjung ke negeri Singa beberapa waktu lalu, ia berbagi cerita soal bagaimana menjadi pemandu travel di negara tersebut. Dan ini beberapa di antaranya.

#1 Izin kerja
Menjadi warga asli atau memiliki permanent resident tidak cukup untuk menjadikan Anda travel guide di Singapura. Di sana, meski pekerjaan tersebut dapat dilakukan secara paruh waktu ataupun profesi lepas, seseorang mesti mendapat izin dari pemerintah untuk beroperasi. Izin didapat setelah melalui pelatihan, seperti latihan kemampuan berbahasa dan etika, dan kemudian melalui ujian. Izin kerja berlaku selama tiga tahun, dan kemudian orang yang bersangkutan mesti memperpanjang izin kerjanya.

#2 Jam terbang
Ada kuota kerja tertentu yang mesti dipenuhi sebelum seseorang dapat memperpanjang izin kerjanya. Jadi, jika selama tiga tahun Anda tidak melakukan apa-apa yang berkaitan dengan travel guiding, izin tidak diperpanjang.

#3 Kartu identitas
Fern selalu mengenakan kartu identitasnya kala bekerja. Selain tampak lebih profesional, itu akan memudahkannya ketika membawa turis ke tempat-tempat wisata tertentu, terutama yang membutuhkan birokrasi.

#4 Spesialisasi
Tidak, travel guide di Singapura tidak boleh menangani sembarang tamu. Setiap travel guide telah mengambil izin dengan spesialisasi tertentu. Fern, misalnya, memiliki spesialisasi turis Indonesia dan Cina. “Ya, saya harus belajar bahasa Indonesia, serta mengetahui apa saja yang disukai orang Indonesia,” tuturnya. Dengan memiliki spesialisasi tersebut, artinya ia tidak boleh menangani orang dari Eropa atau Amerika, misalnya. Meski demikian, seorang travel guide di Singapura bisa menambah spesialisasi mereka. “Kami harus belajar bahasa lagi, kemudian diuji lagi oleh pemerintah,” jelasnya. Ini serupa dokter yang mengambil spesialis.

#5 Informasi terkini
Berbicara dengan Fern seperti berbicara dengan perpustakaan. Ia tahu banyak soal Singapura, mulai dari pembangunan kota, rumah sakit terbaru, stasiun kereta yang sedang dibangun, restoran-restoran terbaik, dan tentu saja tempat belanja oleh-oleh. Menurutnya, itu adalah hal yang perlu terus dipelajari oleh seorang pemandu travel.

#6 Time keeper
Terkadang, berhasil atau tidaknya sebuah perjalanan tergantung pada efisiensi waktu saat menjalaninya. Menangani seorang wisatawan tentu berbeda dengan menangani rombongan wisatawan. Dan menangani seorang pebisnis tentu berbeda dengan menangani wartawan. Seorang travel guide yang baik mesti tahu apa yang menjadi prioritas perjalanan klien. Jadi, selain menjadi time keeper yang memastikan semua berjalan tepat waktu, di saat-saat darurat ia bisa mengajukan usulan soal mana agenda yang perlu dijalankan, dan mana yang bisa dilewatkan.

#7 Laporkan
Adanya izin yang jelas dan kartu identitas akan membuat turis merasa lebih aman dan nyaman ketika bersama travel guide di Singapura. Pun jika hal buruk terjadi, Anda bisa dengan mudah melaporkan pada pihak berwenang. Izin mereka pun akan ditarik.

Anda mungkin tidak berencana menjadi travel guide atau membuat perusahaan operator tur. Bagaimanapun, ketika Anda hendak traveling dan berpikir untuk menyewa travel guide, pengetahuan soal standarisasi di atas bisa jadi berguna. Selamat berwisata
backpacker-indonesia
Alasan Mengapa Agen Travel Lebih Murah
Diposting Pada : 22/03/2015 2:52:54
Sudah Dibaca : 1555 Visitor
Menghidupkan Moment Liburan Keluarga
Diposting Pada : 22/03/2015 2:51:51
Sudah Dibaca : 2147 Visitor
7 Biaya Tak Terduga Saat Traveling
Diposting Pada : 22/03/2015 2:50:40
Sudah Dibaca : 1681 Visitor
Cara Dapat Uang Sambil Traveling
Diposting Pada : 22/03/2015 2:48:33
Sudah Dibaca : 4060 Visitor
7 Pantai Surganya Surfer di Bali
Diposting Pada : 22/03/2015 2:44:10
Sudah Dibaca : 2808 Visitor
Mengatasi Rasa Takut Untuk Surfer Pemula
Diposting Pada : 22/03/2015 2:41:51
Sudah Dibaca : 2143 Visitor
Tips Belajar SUrfing Untuk Pemula
Diposting Pada : 22/03/2015 2:40:17
Sudah Dibaca : 2156 Visitor
Mengenal Budaya dan Tradisi Bali
Diposting Pada : 22/03/2015 2:37:44
Sudah Dibaca : 4082 Visitor
Wisata Kuliner di Pantai Kedonganan Bali
Diposting Pada : 22/03/2015 2:36:24
Sudah Dibaca : 2540 Visitor
Blue Point Bali Surga Peselancar
Diposting Pada : 22/03/2015 2:34:55
Sudah Dibaca : 2869 Visitor